Workshop Peningkatan Kapasitas terkait Pengolahan Data dan Model Proyeksi Iklim

access_timeApr 26, 2018

Pada tanggal 19-20 April 2018, Sekretariat RAN-API mengadakan kegiatan Workshop Peningkatan Kapasitas terkait Pengolahan Data dan Model Proyeksi Iklim di Hotel Santika, Bogor. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari lintas Kementerian/Lembaga serta perwakilan non-pemerintah.

Kegiatan ini terutama dilakukan untuk memberikan pemahaman awal terhadap model proyeksi iklim. Pada hari pertama, peserta mendapatkan paparan-paparan awal tentang Peran Data Informasi Geospasial (IG) dalam Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim, Konsep Proyeksi Iklim, serta Pengenalan Awal Tool SiBias. Selanjutnya, peserta melakukan running simulasi model menggunakan Tool SiBiaS.

Sedangkan pada hari kedua, peserta melanjutkan pekerjaan downscale data iklim dan penyajiannya. Peserta juga dilatih untuk membaca dan menganalisis data iklim.

Harapannya melalui kegiatan ini, peserta dapat memahami tentang SiBias dan pemanfaatannya dalam proses kajian basis ilimiah. Selain itu, peserta diharapkan dapat memahami skenario dan model proyeksi iklim untuk pemanfaatan dalam proses kajian basis ilmiah pada setiap sektor.

menu
menu