Kick-off Kajian Pengembangan Indeks Resiliensi

access_timeMar 22, 2018

Pada tanggal 15 Maret 2018, Sekretariat RAN-APi mengadakan Kick-off Kajian Pengembangan Indeks Resiliensi di Hotel Oria, Jakarta. Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) ini dilakukan untuk dalam rangka membuka pelaksanaan Kajian Pengembangan Indeks Ketahanan Iklim. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai Kementerian/ Lembaga dan Mitra Pembangunan.

Kegiatan ini berkaitan dengan alat ukur kinerja adaptasi perubahan iklim. Selama ini adaptasi perubahan iklim belum memiliki alat ukur kinerja yang dapat menjadi standar untuk menilai keberhasilannya. Padahal, adaptasi merupakan bagian penting yang tidak lepas dari upaya mengantisipasi perubahan iklim. Keterlambatan adaptasi perubahan iklim dapat menyebabkan naiknya kerugian ekonomi (Bank Dunia, 2012). Oleh karena itu, perancangan indikator untuk mengukur keberhasilan adaptasi perubahan iklim menjadi hal yang sangat penting. Dengan demikian, rangkaian kegiatan ini secara garis besar berusaha untuk menghasilkan metode dan alat yang dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan adaptasi perubahan iklim telah menjadi latar belakang kegiatan kajian ini.

Adapun kegiatan kick-off ini secara khusus bertujuan untuk membuka pelaksanaan Kajian Pengembangan Indeks Resiliensi, memaparkan Roadmap Kegiatan, dan memaparkan metodologi Kajian Pengembangan Indeks Resiliensi.

Harapannya rangkaian kegiatan yang sudah direncanakan dapat berjalan dengan lancar dan memberikan hasil yang maksimal.

menu
menu