FGD Finalisasi Kajian Science Basis dan Bahaya Perubahan Iklim untuk Kaji Ulang RAN-API

access_timeDec 15, 2017
Foto Bersama Peserta FGD Finalisasi Kajian Science Basis dan Bahaya Perubahan Iklim

Pada tanggal 11 Desember 2017, Sekretariat RAN-API mengadakan kegiatan FGD Finalisasi Kajian Science Basis dan Bahaya Perubahan Iklim. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari proses Kaji Ulang RAN-API yang dihadiri oleh perwakilan dari kementerian/ lembaga, pemerintah daerah, mitra pembangunan dan akademisi.

Kegiatan ini dikhususkan untuk membahas kajian bahaya dan hasil kajian basis saintifik yang sudah dikerjakan oleh BMKG dan para peneliti sejauh ini. Kajian basis saintifik nantinya akan digunakan sebagai masukan untuk kajian bahaya selanjutnya akan menjadi kajian kerentanan dan resiko perubahan iklim sebagai rangkaian dari proses Kaji Ulang RAN-API. Kajian bahaya dilakukan di 4 sektor yaitu sektor air, sektor laut dan pesisir, sektor pertanian, dan sektor kesehatan.

Dalam kesempatan ini, para peneliti memaparkan hasil kajian bahaya perubahan iklim di berbagai sektor yang ada yaitu Prof. Safwan Hadi untuk sektor laut, Bapak Budhi Setiawan untuk sektor air, Bapak Hamzah Latief untuk sektor pesisir, Professor Handoko untuk sektor pertanian, dan Prof. Dr. Ridad Agoes untuk sektor kesehatan.

Selain itu, terdapat juga pemaparan peneliti untuk hasil kajian berbasis saintifik yang dilakukan oleh Bapak Kadarsah (Kepala Bidang Analisis Perubahan Iklim BMKG), Bapak Utoyo Ajie dan Bapak Akhmad Faqih untuk proyeksi iklim atmosfer serta Dr. Ibnu Sofian untuk proyeksi iklim laut.

Harapannya, kajian saintifik dan bahaya yang sudah disusun oleh para peneliti dan BMKG dapat disosialisasikan dalam waktu dekat sehingga bisa dimanfaatkan oleh Kementerian dan Lembaga serta institusi di bidang perubahan iklim yang memerlukan kajian terkait.

menu
menu