FGD Finalisasi Kajian Bahaya Perubahan Iklim

access_timeApr 16, 2018

Pada tanggal 11 April 2018, Sekretariat RAN-API mengadakan kegiatan FGD Finalisasi Kajian Bahaya Perubahan Iklim di Hotel Four Points, Jakarta.

Secara umum, kegiatan Focus Group Discussion (FGD) ini dilaksanakan untuk menyampaikan hasil kajian bahaya perubahan iklim dalam rangka kegiatan Kaji Ulang RAN-API. Secara khusus, kegiatan ini dilakukan untuk mendapatkan masukan dari Kementerian/Lembaga terkait guna penyempurnaan laporan kajian bahaya perubahan iklim pada 4 (empat) sektor prioritas yaitu Sektor Air, Kesehatan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan.

Direktur Lingkungan Hidup Kementerian PPN/ Bappenas dalam pembukaannya mengharapkan semua kajian ini akan berguna untuk penyusunan kebijakan ke depannya.

Kajian bahaya di sektor kelautan oleh Prof. Safwan Hadi, Ph.D sudah menghasilkan output berupa Peta Baseline & Proyeksi Keselamatan Pelayaran Berdasarkan Jenis/Tonase Kapal. Adapun kecelakaan kapal akibat cuaca dapat diminimalkan dengan meningkatkan akurasi perkiraan cuaca dan tinggi gelombang.

Kajian bahaya di sektor pesisir saat ini masih dalam tahap pengerjaan karena ada kajian yang belum selesai. Sejauh ini kajian menemukan bahwa kerentanan di pulau-pulau kecil sangat besar.

Kajian bahaya di sektor kesehatan juga masih dalam tahap pengerjaan karena pengumpulan data kesehatan yang belum lengkap. Kesimpulan yang dapat diambil sejauh ini adalah terdapat keterkaitan antara kejadian DBD dengan perubahan iklim terutama temperatur dan curah hujan. Keterkaitan tersebut digunakan untuk menghitung tingkat bahaya DBD di periode mendatang dimana prediksi tingkat bahaya DBD di masa mendatang akan sangat bergantung pada validitas data cuaca/iklim dan data pengawasan.

Kajian bahaya di sektor air menunjukkan bahwa hasil proyeksi kedepan akan terjadi penurunan ketersediaan air. Sedangkan Kajian bahaya di sektor pertanian sejauh ini menunjukkan bahwa dampak Perubahan Iklim (suhu dan curah hujan) berpengaruh terhadap produksi padi.

Harapannya, kajian - kajian yang belum final dapat segera difinalisasikan/ disempurnakan dengan mempertimbangkan masukan - masukan yang diperoleh di forum ini agar bisa digunakan untuk penyusunan kebijakan pembangunan.

menu
menu