e-Monev Sudah Terintegrasi dengan Kegiatan Adaptasi

access_timeNov 05, 2017
Penerangan tentang sistem

Setiap kementerian dan lembaga yang terkait perubahan iklim sebenarnya sudah banyak yang melakukan kegiatan adaptasi. Namun datanya masih terserak. Sekretariat Rencana Aksi Nasional Adaptasi Perubahan Iklim (RAN API) memulai langkah dengan mengumpulkan data-data tersebut. Melalui program penandaan kegiatan adaptasi lewat e-monev (http://e-monev.bappenas.go.id/). Pada 26 Juli 2016 lalu, Sekretariat menggelar pelatihan untuk para petugas yang mengisi penandaan e-monev. Direktur Lingkungan Hidup Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) Wahyuningsih Darajati . " Uji coba hari ini diharapkan meningkatkan pemahaman kementerian dan lembaga terkait pentingnya pelaporan kegiatan RAN API," kata dia.

Ellyna Chairani dari Direktorat Sistem dan Pelaporan Evaluasi Kinerja Pembangunan Bappenas, mengatakan RAN API sudah jauh berkembang dari tahun ke tahun. Pada 2015, dalam e-Monev RAN API masih dalam tingkat program sampai dengan Indikator Kinerja Kegiatan. Penandaanya pun manual oleh Sekretariat RAN API Namun, di tahun 2016 ini penandaan sudah menampilkan lintas bidang perubahan iklim dalam tingkat sasaran kegiatan pada rencana kerja Kementerian dan Lembaga. Di tahun ini, yang menandai kegiatan adaptasi sudah kementerian dan lembaga sendiri.

Direktur Alokasi Pendanaan Pembangunan Bappenas, Sumariyandono menambahkan bahwa pada rencana kerja tahun 2017 sudah ada kegiatan tematik API. Di dalamnya, Ia melanjutkan, terdapat 10 kementerian dan lembaga yang sudah memiliki sasaran kegiatan yang mendukung RAN API. "Gambaran ini menunjukkan bahwa belum semua Kementerian dan Lembaga yang mengidentifikasi sasaran kegiatan yang mendukung API," kata dia. Dono, sapaan Sumariyandono mengkritisi penandaan ini. masukannya antara lain; perlu disusun aturan terkait penentuan kegiatan/output yang mendukung API di K/L dan kemudian disosialisasikan kepada seluruh K/L, perlu dilaksanakan forum koordinasi penetapan kegiatan/output yang mendukung API sebelum penyusunan perencanaan dan penganggaran serta integrasi API dalam siklus perencanaan penganggaran. Dalam acara ini, diumumkan pula kepada biro pperencanaan K/L yang kurang memahami kegiatan terkait RAN API, disarankan mengikuti cara Kementerian Pertanian, yaitu dengan mengundang seluruh Direktorat/Unit teknis untuk mendapatkan daftar kegiatan yang mendukung RAN API.

menu
menu