Workshop Capacity Preparedness of CCR Planning Development di Kendari

Workshop Capacity Preparedness of CCR Planning Development di Kendari

Sekretariat RAN API bersama USAID APIK - Adaptasi Perubahan Iklim dan Ketangguhan menyelenggarakan kegiatan “Workshop Capacity Preparedness of Climate Change Resilience Planning Development” dari tanggal 22 - 23 September 2016 di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Workshop ini diikuti oleh peserta dari berbagai daerah seperti Kota Kendari, Konawe Selatan dan Provinsi Maluku.

Dalam workshop ini, peserta mendapatkan pemaparan materi seperti sesi pemaparan adaptasi perubahan iklim yang dijelaskan oleh Budhi Setiawan selaku Technical Advisor RAN API, sesi pemaparan penyusunan kajian kerentanan melalui Sistem Informasi Indeks Inventarisasi Kerentanan (SIDIK) oleh Putra Dwitama selaku Program Manager RAN API.

Peserta juga mempelajari tentang pentingnya pemetaan stakeholder serta langkah – langkah yang dapat digunakan untuk memetakan stakeholder. Dalam kesempatan ini, peserta juga dilatih untuk melakukan pemetaan stakeholder agar memperdalam pemahaman peserta. Kesempatan untuk melakukan pelatihan juga diberikan dalam sesi perumusan strategi adaptasi perubahan iklim dimana peserta mencoba untuk melakukan penyusunan strategi adaptasi perubahan iklim untuk kota asal peserta.

Dalam sesi Pendetilan Ketahanan pada Strategi dan Aksi, peserta diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil latihan Climate Risk Assessment (CRA) dan City Resilience Strategy (CRS) yang sudah disusun oleh kelompok masing – masing. Harapannya workshop ini dapat mempersiapkan kapasitas peserta dalam meningkatkan ketahanan wilayah terhadap perubahan iklim.